Apa Itu Penyakit Celiac?

Penyakit celiac ini adalah penyakit yang berhubungan dengan gangguan fungsi cerna yang membuat orang mengalaminya tidak bisa mencerna makanan begluten . Meski jarang tersengar penyakit ini cukup berbahaya loh , penyakit celiac ini cukup fatal dan harus menjadinlist penyakit yang wajib diwaspadai . Penyakit celiac adalah penyakit suatu kelainan pada saluran pencernaan yang sensitive terhadap makanan berbahan dasar gluten .

Kelainan ini akan terjadi secara jangka waktu yang cukup lama atau bisa disebut kronis . usus penderita celiac ini tidak dapat mencerna gliadin atau zat yang ada didalam gluten sehingga menyebabkan penyakit celiac ini . biasanya kandungan gluten sendiri dapat ditemukan di makanan seperti gandum dan gandum hitam . Penyakit celiac memiliki bahaya yang jika tidak ditangani dengan tepat , maka dari itu penyakit celiac ini tidak bisa di sepelekan karena jika tidak mendapatkan penanganan dengan benar penyakit celiac ini bisa saja menimbulkan masalah kesehatan yang baru .

Dilansir dari hellosehat dampak dampak yang akan ditimbulkan jika seseorang tidak mendapatkan penanganan terkait penyakit celiac, antara lain

  • Depresi

Peneliti menduga bahawa akibat kurangnya penyerapan vitamin B6 dan triptofan karena ada masalah pada usus . menyebabkan kondisi psilkologis nya berdampak karena penyakit celiac . padahal keduanya penting untuk pembentukan zat dalam proses jaringan saraf .

  • Kekurangan vitamin dan mineral

Kerusakan pada bagian jonjot usus halus termasuk bagian dari penyakit celiac . dampaknya pada penyakit ini adalah gangguan penyerapan berbagai macam vitamin dan mineral serta nantinya akan menyebabkan penyakit lannya bermunculan seperti anemia dan osteoporosis .

  • Intoleransi laktosa

Laktosa adalah salah satu jenis gula yang berasa pada susus atau bahkan jenis prosuk susu . sehinga intoleransi ini juga akan biasanya terjadi bersamaan dengan penyakit celiac . diperkirakan 24 % orang akan terkena penyakit celiac bila mengonsumsi intoleransi laktosa secara berlebihan .

  • Osteoporosis

Mengapaa hal ini bisa dikaitkan ? ini kaena gangguan pada usus seseorang menyebabjan gangguan penyerapan kalsium yang berdampak sehingga menyebabkan osteoporosis . bahkan lebih bahaya lagi karena bisa saja terjadi pada prang yan lebih muda .

  • Anemia akibat kurang besi

Seseorang akan mengalami gangguan pembagian oksigen ke bagian tubuh lain diperkirakan 33% penderita atau satu dari tiga penderita celiac mengakami anema itu karena tubuh kekurangan darah akibat kegagalan penyerapan zat besi .

Lalu bagaimana cara menghindari komplikasi pada penyakit celiac ini , yang pertama jika kalian sudah teridentifikasi terkenapenyakit celiac ini jangan dibiarkan segera ambil penanganan , atau perawatan bila perlu segera melakukan pemeriksaan ke dokter supaya tidak menimbulkan komplikasi .

Hal lainnya yang bisa dilakukan adalah tidak mengonsumsi makanan yang bergluten atau makanan bebas gluten karena penyakit ini bisa dicegah keparahannya dengan cara itu . terbukti pada suatu penelitian dengan mengonsumsi makanan yang bebas gluten atau gluten free diet maka bisa meningkatkan kualitas hidup seseorang penderita ini dan dapat mengurangi gejala yang muncul .

Langkah kedua bisa juga dengan melakukan terapi enzim , terapi ini tergolong terapi teknik baru yang dikembangkan oleh peneliti dengan menggunakan prolyl endopeptidase atau PEP . Nah prolyl endopeptidase ini berasal dari tanaman dan mikororganisme yang membantu memecah komponen gluten menjadi kecil kecil.

Sumber gambar: alodokter.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *