Hutan Lindung Yang Ada Di Indonesia

gambar hutan lindung di indonesia

Hutan merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki Indonesia. Huan memiliki bermacam-macam jenis mulai dari hutan lindung, hutan bakau, hutan rawa dan lain sebagainya. Kali ini kita akan sedikit membahas hutan lindung.

Hutan lindung adalah suatu kawasan hutan yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia sebagai cagar alam yang wajib dilindungi dan dijaga kelestariannya oleh semua orang. Siapa saja pihak yang berniat merusak hutan tersebut akan dikenakan sanksi hukum karena bisa merusak habitat dan ekosistem hutan yang alami.

Hutan lindung juga memiliki fungsi sebagai berikut :

–       Mengatur tata air.

–       Mencegah banjir.

–       Mengendalikan erosi.

–       Mampu mengendalikan kesuburan tanah.

–       Mencegah intrusi air laut.

Berikut ini adalah hutan lindung yang ada di Indonesia :

1.  Hutan Lindung Sungai Wain

Hutan Lindung Sungai Wain ini terletak pulau Kalimantan, tepat nya di wilayah kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur. Hutan lindung ini memiliki luas sekitar 9.782,8 hektar yang merupakan rumah bagi habitat alam seperti orang utan, bekantan, tumbuhan endemic dan tanaman kantong semar. Perintah Provinsi Kalimantan Timur juga menjadikan hutan lindung ini sebagai tempat wisata alam yang dibuka secara umum untuk masyarakat. Para pengunjung yang berwisata ke tempat ini dilarang merusak habitat alami hutan yang ada agar hutan ini tetap terjaga kelestariannya.

2. Hutan Lindung Wehea

Hutan Lindung Wehea juga terletak di pulau Kalimantan di wilayah Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur. Pulau Kalimantan memiliki banyak sekali wilayah hutan karena merupakan pulau terbesar yang ada di Indonesia. Hutan Lindung Wehea memiliki luas sekitar 38.000 hektar.

 3. Hutan Lindung Baning

Masih di pulau Kalimantan, Hutan Lindung Baning ini agak sedikit unik karena berada di tengah-tengah kota sintang, Provinsi Kalimantan Barat.luas Hutan Lindung Baning sekitar 215 hektar dan di dominasi oleh lahan datar dan pepohonan hijau. Di kawasan hutan lindung ini kita bisa dengan mudah menjumpai hewan biawak dan berbagai macam tumbuhan. Hutan Lindung Baning juga dibuka sebagai tempat wisata untuk masyarakat dengan ketentuan tidak merusak habitat dan ekosistem alami yang sudah ada di hutan lindung ini.

4. Hutan Betung Kerihun

Hutan Betung Kerihun ini dikenal sebagai kawasan Taman Nasional Hutan Betung Kerihun. Taman Nasional Hutan Betung Kerihun terletak di provinsi Kalimantan Barat dan merupakan perbatasan wilayah Indonesia dengan Serawak Malaysia. Di hutan ini, kita bisa dengan mudah menjumpai pohon palem dan gerombolan rusa saat berkunjung ketempat ini.

 5. Hutan Lindung Cagar Alam Gunung Simpang

Hutan Lindung yang satu ini berada di Cianjur, provinsi Jawa Barat. Selain masih utuh, kawasan Hutan Cagar Alam Gunung Simpang merupakan salah satu hutan konservasi yang memiliki keanekaragaman hayati yang berlimpah serta keadaan alam yang masih sangat alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *