Karhutla Di Leihitu Hanguskan Tanaman Cengkih Serta Pala

Karhutla Di Leihitu Hanguskan Tanaman Cengkih Serta Pala

Beberapa puluh tanaman cegkeh, pala dan tanaman penghasil buah berbentuk pohon durian serta nanas punya petani hancur terbakar saat berlangsung bencana kebakaran rimba serta tempat pada tiga titik di Kecamatan Leihitu (Pulau Ambon) Kabupaten cabe hias Maluku Tengah. (28/1) (ANTARA/Daniel Leonard)

Ambon (ANTARA) – Beberapa puluh tanaman cengkih, pala dan tanaman penghasil buah berbentuk pohon durian serta nanas punya petani hancur terbakar saat berlangsung bencana kebakaran rimba serta tempat pada tiga titik di Kecamatan Leihitu (Pulau Ambon) Kabupaten Maluku Tengah.

“Karhutla di Dusun Wanat, Kecamatan Leihitu semenjak Senin, (27/1) seputar jam 14:00 WIT sampai malam ini berlangsung di tempat rimba Kuali, rimba Tenga, dan rimba Waisani,” kata Kasubag Humas Polresta Pulau Ambon serta Pp Lease, Iptu Julkisno Kaisupy di Ambon, Selasa.

Kebakaran yang menghanguskan tempat serta rimba punya beberapa masyarakat dusun Wanat serta masyarakat Negeri Hitu ini direncanakan cuma memiliki jarak 2 kilo mtr. dari pemukiman masyarakat.

Berdasar info seorang masyarakat Dusun Wanat namanya La Wan (40), pada polisi, semula insiden ialah seputar jam 14:00 WIT saksi dengar info dari masyarakat jika terjadi kebakaran di rimba Kuali.

Mendapatkan info itu, dia langsung ajak beberapa partnernya ke arah tempat kebakaran serta kelihatan kobaran api telah jadi membesar serta banyak kepulan asap yang mengganggu pandangan.

Setelah itu mereka cari sumber air untuk mematikan api yang terus menebar karena embusan angin kencang, hingga masyarakat pada akhirnya mengontak faksi Polsek Leihitu untuk memberitahu info kebakaran itu.

Jam 17:00 WIT, Wakapolsek Leihitu Ipda Moyo Utomo pimpin beberapa personil ke arah tempat kebakaran serta menolong masyarakat berusaha lakukan pemadaman dengan memakai perlengkapan seadanya.

Ditambahkannya, luas tempat yang terbakar direncanakan sampai enam hektare tetapi pemicu kebakaran belum juga bisa dinyatakan sebab belumlah ada saksi yang akui lihat dengan cara langsung.

Paling Dicari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *