Pantai Ngurtafur, Pantai Mempesona di Maluku Tenggara

Ini Indonesia lho, bukan luar negara. Salah satu surga di Indonesia yang terletak di Maluku Tenggara, tepatnya Kepulauan Kei. Namanya Tepi laut Ngurtafur. Tepi laut ini mempunyai keistimewaan tertentu. Pantainya menjulur ke laut dengan deretan tumbuhan kelapa yang berjejer apik.

Tidak hanya Bali yang memiliki deretan tepi laut menawan, lho! Bila kalian main ke Maluku Tenggara, kalian bakal bisa pesona alam yang jauh lebih mempesona, salah satunya Tepi laut Ngurtafur.

Terletak di Kepuluan Kei, Tepi laut Ngurtafur tidak semacam tepi laut pada biasanya. Di mari, kalian dapat bermain sembari bersantai di atas pasir mencuat yang cuma timbul dikala air laut tengat surut.

Nah, yang buat menarik, pasir yang mencuat nyatanya lumayan panjang serta luas, sampai menggapai 2 km! Tidak heran, para wisatawan ataupun masyarakat dekat menemani gundukan pasir ini bagaikan suatu tepi laut.

Yang buat seru merupakan kalian seolah dapat berjalan di tengah laut, lho. Dengan balutan panorama alam yang sangat luar biasa, ekspedisi kalian menyusuri Tepi laut Ngurtafur ditemani dengan terumbu karang di sisi kanan serta kiri.

Kian seru, sebab air laut yang mengelilingi Tepi laut Ngurtafur memiliki corak yang biru serta bening banget. Jadi, tanpa wajib turus ke dasar, kalian dapat memandang keelokan biota alam dasar lautnya.

Buat main ke Tepi laut Ngurtafur memanglah wajib disiapkan matang- matang. Tidak hanya wajib mengenali waktu surutnya air laut, kalian pula wajib menempuh ekspedisi laut dari Tual yang memakan waktu 1, 5 jam

Hamparan pasirnya yang bercorak putih terang nampak indah. Air Tepi laut Ngurtavur bercorak biru tosca. Bening dengan balutan perbukitan hijau yang mengelilinginya.

Tepi laut yang lebih diketahui dengan nama Tepi laut Pasir Mencuat ataupun Pulau Gosong ini terletak di Kepulauan Kei. Tepatnya di Pulau Warbal, Kecamatan Kei Kecil Barat, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku.

Tepi laut Ngurtafur terkategori unik serta berbeda dari tepi laut lain. Tepi laut ini mempunyai hamparan pasir putih yang terletak di lautan. Pasir putihnya hendak nampak kala air laut surut. Tidak terdapat pepohonan ataupun tumbuhan lain di dekat tepi laut.

Garis tepi laut ini mempunyai panjang dekat 2 km dengan lebar dekat 7 km yang berupa meliuk- liuk. Dengan wujudnya itu, Tepi laut Ngurtafur seolah membelah laut yang terdapat di hadapannya.

Tidak cuma suguhan keelokan alam, di tepi laut ini, Kamu pula dapat memandang ratusan burung pelikan tipe Australia Pelican. Bila beruntung, Kamu dapat memandang sekumpulan penyu belimbing serta berjumpa dengan penyu tertua yang terdapat di tepi laut ini, namanya Tabob.

Sebab keberadaan penyu- penyu ini, di Tepi laut Ngurtafur dibentuk penangkaran penyu belimbing yang dikelola oleh World Widde Fund for Nature( WWFN). Waktu terbaik mendatangi Tepi laut Ngurtafur merupakan April- Mei serta Oktober- Desember. Pada waktu tersebut, gelombang serta cuaca di Tepi laut Ngurtafur sangat baik buat snorkeling.

Bila tertarik mendatangi Tepi laut Ngurtafur, Kamu dapat berangkat dari Kota Ambon mengarah Lapangan terbang Karel Sadsuitubun yang terdapat di Kota Langgur. Dari Lapangan terbang Karel Sadsuitubun, Kamu dapat mengarah pelabuhan Debut. Kemudian menyeberang memakai kapal motor mengarah Tepi laut Ngurtafur.

Tarif sewa motor dari Pelabuhan Debut ke Tepi laut Ngurtafur umumnya dipatok sebesar Rp700. 000 sampai Rp1 juta buat kembali berangkat. Kapasitasnya dekat 15 orang. Sebab tepi laut ini tidak berpenghuni, jadi dianjurkan bawa bekal sendiri.

Tidak terdapat yang berjualan di tepi laut yang masih dibilang sangat hening serta tidak sering sekali didatangi turis. Bila mau menginap, di dekat tepi laut terdapat penginapan murah. Harga sewanya dekat Rp150 ribuan per orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *