Wisata Budaya di Saung Angklung Udjo

halimtrans.com sewa elf ke Saung Angklung Udjo bandung dari Jakarta

Karena memiliki berbagai keunikan, Bandung menjadi destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Saung Angklung Udjo yang berlokasi di Jalan Padasuka Nomor 118 Bandung adalah salah satunya. Konsepnya lebih ke wisata kebudayaan. Lokasi Saung Udjo sangat mudah dicapai, dan tak begitu jauh dari pusat kota Bandung.

Saung Angklung Udjo adalah tempat di mana anak-anak merasa senang belajar angklung dan orang dewasa memainkan angklung dalam kelompok. Tempat ini sering dikunjungi oleh banyak sekolah di Jawa Barat, termasuk daerah lainnya. Dengan mendatangi tempat ini secara langsung, anda bisa mempelajari kebudayaan sunda langsung dari maestronya.

Saung Angklung Udjo didirikan oleh Udjo Ngalagena pada tahun 1966. Bersama istrinya, Uum Sumiati, mereka berjuang agar warisan budaya sunda bisa dilestarikan. Udjo Ngalagena sendiri adalah seorang seniman angklung yang cukup punya nama. Beliau lahir pada 5 Maret 1929. Sejak umur 4 tahun, Udjo sudah familiar dengan angklung hingga berinisiatif untuk mendirikan Saung Angklung Udjo.

Udjo Ngalagena tidak hanya terampil dalam memainkan dan membuat angklung saja. Beliau juga terampil dalam bidang lainnya misalnya dalam pencak silat, memainkan gamelan, kecapi, juga menyanyikan lagu-lagu berbahasa Indonesia dan Belanda. Setelah beliau meninggal, Saung Angklung Udjo tetap dilanjutkan oleh putra-putrinya.

Di Saung Angklung Udjo selalu ditampilkan pertunjukan seni setiap hari. Yaitu dari pukul 15.30 sampai pukul 17.30 sore. Dalam pertunjukan ini yang ditampilkan hanya permainan angklung saja tapi juga beberapa sajian menarik lainnya. Yaitu wayang golek dan tarian tradisional sunda yang dibawakan oleh anak-anak yang lucu.

Secara umum yang ditampilkan dalam pertunjukan seni di sini antara lain demonstrasi wayang golek, helaran atau upcara tradisional khitanan, Tari Topeng, Orkestra Angklung, Memainkan Angklung Bersama, Menari Bersama, dan lain-lain.

Fasilitas yang disediakan di Saung Angklung Udjo antara lain Bale Karesemen, Buruan Sari Asih, Pusat Produksi Angklung, Sentra Penyuluhan Kehutanan, dan Saung serta Dapur Udjo. Rincian Harga tiket masuk Saung Angklung Udjo adalah sebagai berikut :

  1. Dewasa Lokal Rp. 60.000
  2. Dewasa Asing Rp.100.000
  3. Pelajar Lokal Rp. 40.000
  4. Pelajar Asing Rp. 60.000
  5. Anak-Anak di Bawah Usia 3 Tahun Gratis

Menarik bukan, jangan lupa untuk memanfaatkan promo sewa elf dari kota kamu agar liburan makin terasa hemat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *